Bermain peran merupakan salah satu metode yang diarahkan pada
upaya pemecahan masalah-masalah yang berkaitan dengan hubungan antar manusia (interpersonal relationship), terutama
yang menyangkut kehidupan siswa.
Pegalaman belajar yang diperoleh
dari metode bermain peran (role playing)
meliputi kemampuan kerja sama, komunikatif, dan menginterpretasikan suatu kejadian. Metode bermain peran (role playing) juga dapat digunakan untuk meningkatkan keaktifan siswa.
Langkah-langkah bemain peran (role playing) dalam
Uno (2011: 122) sebagai berikut:
1) Guru menyiapkan sekenario yang akan ditampilkan oleh siswa
2) Menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari skenario dua hari sebelum KBM
3) Guru membentuk kelompok siswa yang anggotanya 3-5 orang
4) Memberikan penjelasan kompetensi yang ingin dicapai
pada materi drama
5) Memanggil siswa yang sudah
ditunjuk untuk melakukan skenario yang sudah dipersiapkan
6) Masing-masing siswa berkelompok
sesuai kelompok yang telah dibagi untuk mengamati sekenario yang yang
diperagakan
7) Setelah selesai dipentaskan, masing-masing diberikan kertas sebagai
lembar kerja untuk membahas
8) Masing-masing kelompok menyampaikan hasil simpulannya
9) Guru memberikan kesimpulan secara umum
10) Evaluasi
11) Penutup.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar