Pembelajaran kooperatif (cooperatif
learning) merupakan bentuk pembelajaran dengan cara siswa belajar dan
bekerja dalam kelompok-kelompok kecil secara kolaboratif yang anggotanya
terdiri dari empat sampai enam orang dengan struktur kelompok yang bersifat
heterogen (Rusman 2011
Ciri-ciri Pembelajaran Kooperatif
Pembelajaran kooperatif merupakan suatu sistem yang di dalamnya terdapat
unsur-unsur dasar yang saling terkait. Menurut Bennet (Isjoni 2010: 60),
menyatakan ada lima unsur dasar yang dapat membedakan pembelajaran kooperatif
dengan kerja kelompok, yaitu:
(1) Saling
ketergantungan positif (positive
interdepedence)
Ketergantungan positif (positive interdepedence) yaitu hubungan timbal balik yang
didasari adanya kepentingan yang sama atau perasaan diantara anggota kelompok
dimana keberhasilan seseorang merupakan keberhasilan yang lain pula atau
sebaliknya. Hubungan yang didasari kepentingan yang sama, maka akan
memungkinkan terciptanya suatu ketergantungan yang positif pada anggota
kelompok lainnya.
(2) Adanya
interaksi langsung (interaction face to
face)
Interaksi langsung (interaction
face to face) yaitu interaksi yang langsung terjadi antar siswa tanpa
adanya perantara. Interaksi tatap muka tersebut menjadikan siswa saling
bertatap muka dalam kelompok, sehingga mereka dapat berdialog. Dialog tersebut
tidak hanya dilakukan dengan guru tetapi dengan teman kelompoknya.
(3)
Adanya tanggung jawab pribadi mengenai materi
pelajaran dalam anggota kelompok
Adanya tanggung jawab pribadi mengenai materi pelajaran dalam anggota
kelompok sehingga siswa termotivasi untuk membantu temannya, karena tujuan
dalam pembelajaran kooperatif yaitu menjadikan setiap anggota kelompoknya
menjadi lebih kuat pribadinya.
(4) Membutuhkan
keluwesan
Membutuhkan keluwesan yaitu menciptakan hubungan antar pribadi,
mengembangkan kemampuan kelompok, dan memelihara hubungan kerja yang efektif.
(5)
Meningkatkan suatu keterampilan bekerjasama
dalam memecahkan masalah (proses kelompok)
Meningkatkan keterampilan bekerjasama dalam memecahkan masalah (proses
kelompok) yaitu tujuan terpenting yang diharapkan dapat dicapai dalam
pembelajaran kooperatif adalah siswa belajar keterampilan bekerjasama dan
keterampilan yang sangat diperlukan di masyarakat, misalnya keterampilan
berkomunikasi, berorganisasi, dan bertransaksi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar