Menurut Suprijono (2009: 94), hal-hal yang perlu
dipersiapkan jika pembelajaran dikembangkan dengan make a match yaitu kartu-kartu. Kartu-kartu tersebut terdiri dari katu
berisi pertanyaan-pertanyaan dan kartu-kartu lainnya berisi jawaban dari
pertanyaan-pertanyaan tersebut. Untuk lebih jelasnya langkah-langkah dalam
pelaksanaan make a match adalah
sebagai berikut:
a)
Kartu-kartu tersebut terdiri dari kartu berisi
pertanyaan dan kartu lainnya berisi jawaban dari pertanyaan tersebut.
b)
Langkah berikutnya yaitu guru membagi komunitas kelas
menjadi 6 kelompok. Satu kelompok terdiri dari 5-6 orang.
c)
Dalam 6 kelompok tersebut dibagi menjadi tiga sesi.
Sesi pertama dilakukan oleh kelompok 1 dan kelompok 2 dinilai oleh kelompok 3.
Sesi kedua dilakukan oleh kelompok 4 dan 5 dinilai oleh kelompok 6. Sesi ketiga
dilakukan oleh kelompok penilai atau kelompok 3 dan 6 dinilai oleh kelompok 1.
d)
Satu sesi melaksanakan teknik make a match dengan 3 kelompok. Kelompok pertama merupakan kelompok
pembawa kartu-kartu berisi pertanyaan. Kelompok kedua yaitu kelompok pembawa
kartu-kartu berisi jawaban. Kelompok ketiga yaitu kelompok penilai.
e)
Aturlah posisi kelompok-kelompok tersebut berbentuk
huruf U. Upayakan kelompok pertama dan kedua berjajar saling berhadapan.
f)
Jika masing-masing kelompok sudah berada di posisi yang
telah ditentukan, maka guru membunyikan peluit sebagai tanda agar kelompok
pertama maupun kelompok kedua saling bergerak untuk bertemu, mencari pasangan
pertanyaan dan jawaban yang cocok.
g)
Berikan kesempatan kepada mereka untuk berdiskusi. Guru
memberi waktu kira-kira 5-10 menit pada tiap kelompok untuk menemukan pasangan
antara pertanyaan dan jawaban.
h)
Hasil diskusi ditandai oleh pasangan-pasangan antara
anggota kelompok pembawa kartu pertanyaan dan anggota kelompok pembawa kartu
jawaban.
i)
Pasangan-pasangan yang sudah terbentuk wajib
menunjukkan pertanyaan dan jawaban kepada kelompok penilai.
j)
Kelompok penilai kemudian membaca apakah pasangan
pertanyaan dan jawaban itu cocok.
k)
Sistem pemberian skor, apabila anggota kelompok benar
dan tepat waktu maka akan diberi skor 10 (skor maksimal).
l)
Setelah penilaian dilakukan aturlah sedemikian rupa
kelompok pertama dan kedua bersatu kemudian memposisikan diri menjadi kelompok
penilai. Sementara, kelompok penilai pada sesi pertama tersebut dipecah menjadi
dua, sebagian anggota memegang kartu jawaban.
m)
Posisikan mereka dalam bentuk huruf U.
n)
Guru kembali membunyikan peluitnya menandai kelompok
pemegang kartu pertanyaan dan jawaban bergerak mencari, mencocokan, dan
mendiskusikan pertanyaan dan jawaban.
o)
Berikutnya masing-masing pasangan pertanyaan dan
jawaban menunjukkan hasil kerjanya kepada penilai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar