Menurut Trianto (2007: 61)
think pair share atau berpikir
berpasangan berbagi adalah merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang
dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa.
Agus Suprijono (2010:
91) menyatakan bahwa langkah- langkah think
pair share yakni : (1) thinking,
pembelajaran ini diawali dengan guru mengajukan pertanyaan atau isu terkait
dengan pelajaran untuk dipikirkan oleh siswa. Guru memberikan kesempatan kepada
mereka memikirkan jawabannya; (2) pairing,
pada tahap ini guru meminta siswa berpasang-pasangan. Beri kesempatan kepada
pasangan-pasangan itu berdiskusi. Diharapkan diskusi dapat memperdalam makna
dari jawaban yang telah dipikirkan melalui bertukar pikir dengan pasangannya;
(3) sharing, dalam kegiatan ini
diharapkan terjadi tanya jawab yang mendorong pada pemerolehan pengetahuan
secara terkait. Siswa mampu menemukan
sendiri pengetahuan yang dipelajari.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar