Senin, 01 September 2014

Hakikat Menulis

Menurut Tarigan (1986) dalam Muchlisoh (1996:254) menulis adalah menurunkan atau melukiskan lambang-lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang, sehingga orang lain dapat membaca lambang-lambang grafik tersebut kalau mereka memahami bahasa dan gambaran grafik itu. Menurut Rofi’uddin (2001:193) menulis diartikan sebagai kemampuan menggunakan bahasa untuk menyatakan ide, pikiran, atau perasaan kepada orang lain dengan menggunakan bahasa tulis.

          Kegiatan menulis terkait dengan kegiatan lainnya seperti kegiatan membaca, kebahasaan, mendengarkan dan berbicara. Savage (1989) dalam Zuchdi (2001:55) berpendapat bahwa menyimak, berbicara, membaca, dan menulis merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Keterampilan menulis mempunyai peran yang sangat penting untuk mencapai tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Salah satu tujuan pembelajaran menulis di Sekolah Dasar yaitu untuk menjadikan siswa memiliki kemampuan atau keterampilan Berbahasa Indonesia yang baik dan benar khususnya keterampilan menulis. Keterampilan menulis dalam pembelajaran Bahasa Indonesia ditempatkan sejajar dengan keterampilan berbicara, menyimak, dan membaca. Keterampilan menulis bisa diperoleh setelah keterampilan menyimak, berbicara, dan membaca. Hal ini menyebabkan keterampilan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang dianggap penting oleh siswa Sekolah Dasar.
        Keterampilan menulis di Sekolah Dasar bertujuan agar siswa memiliki keterampilan dalam melakukan jenis kegiatan yang berkaitan dengan menulis. Keterampilan menulis yang dimiliki seperti menulis puisi, pantun, pengumuman membuat laporan, petunjuk, dan lain-lain. Salah satu alternatif untuk mencapai tujuan pembelajaran menulis yang telah diutarakan, guru haruslah kreatif dalam memilih model, metode, dan media yang tepat. Guru tidak terpaku pada waktu dan target yang ada di dalam kurikulum Bahasa Indonesia, akan tetapi guru harus fleksibel dengan kondisi yang dihadapi dalam pembelajaran. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar