Zukardi dalam
Aisyah dkk (2007: 7.20) menyatakan bahwa secara umum langkah-langkah Pembelajaran
Matematika Realistik yaitu sebagai berikut:
(1)
Persiapan; pada tahap ini, selain menyiapkan masalah kontekstual, guru harus
benar-benar memahami masalah dan memiliki berbagai macam strategi yang mungkin akan ditempuh siswa dalam menyelesaikan masalah tersebut,
(2) Pembukaan; pada bagian ini, siswa diperkenalkan dengan strategi pembelajaran yang
dipakai dan diperkenalkan kepada masalah dari dunia nyata. Kemudian siswa
diminta untuk memecahkan masalah tersebut dengan cara mereka sendiri,
(3) Proses pembelajaran; pada tahap ini, siswa mencoba berbagai strategi untuk
menyelesaikan masalah sesuai dengan pengalamannya. Strategi tersebut dapat
dilakukan secara perorangan maupun secara kelompok. Kemudian setiap siswa atau
kelompok mempresentasikan hasil kerjanya di depan siswa atau kelompok lain dan
siswa atau kelompok lain memberi tanggapan terhadap hasil kerja siswa atau
kelompok penyaji. Guru mengamati jalannya diskusi kelas dan memberi tanggapan
sambil mengarahkan siswa untuk mendapatkan strategi terbaik serta menemukan
aturan atau prinsip yang bersifat lebih umum,
(4) Penutup; setelah mencapai kesepakatan tentang strategi terbaik melalui diskusi kelas,
siswa diajak menarik simpulan dari pelajaran saat itu. Pada akhir pembelajaran,
siswa harus mengerjakan soal evaluasi dalam bentuk matematika formal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar