Pemetaan pikiran (mind
mapping) adalah cara kreatif bagi peserta didik secara individual untuk
menghasilkan ide-ide, mencatat pelajaran, atau merencanakan penelitian baru.
Menurut Buzan (2010: 4), mind mapping adalah cara termudah untuk menempatkan
informasi ke dalam otak dan mengambil kembali informasi keluar dari otak.
Tujuh
langkah membuat mind mapping menurut
Buzan (2010: 15–16), yaitu sebagai berikut:
(1) Tentukan tema atau topik dari mind mapping, tulis topik tersebut pada
bagian tengah kertas kosong yang diletakkan mendatar (landscape). Penulisan topik cukup menggunakan satu kata sebagai
kata kunci.
(2) Gunakan pula gambar untuk topik utama, misalkan
topik tentang hewan maka sisipkanlah gambar hewan.
(3) Cari topik-topik cabang yang berhubungan dengan
topik utama. Dan tuliskan pula dengan satu kata kunci untuk tiap-tiap topik
cabang.
(4) Gunakan gambar atau kode-kode sederhana untuk
tiap topik cabang.
(5) Cari hubungan antara topik cabang dengan topik
utama. Gambar hubungan dengan membuat garis lengkung yang menghubungkan antara
topik cabang dengan topik utama menggunakan pensil warna.
(6) Sisakan ruangan kosong pada kertas untuk
penambahan tema/gagasan/topik. Ruang kosong ini digunakan untuk menempatkan ide
yang tiba-tiba muncul.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar